Searching...

9 Makanan Super untuk Wanita Super

Tak hanya pria, wanita jaman sekarang juga banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan, terutama yang terkait dengan gaya hidup.

 
Oleh karena itu, wanita juga membutuhkan asupan makanan yang tepat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan wanita.

Brokoli


Brokoli adalah sayuran hijau yang memberikan banyak manfaat untuk wanita, karena bisa melawan kanker, penuaan dini, serta menyehatkan kondisi jantung. Brokoli juga kaya akan vitamin C, A, serta beta-karoten, yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya keriput pada kulit.

Aprikot Kering


Makanan ini bisa dijadikan sebagai kudapan sehat yang menambahkan energi, karena mengandung glukosa kompleks dari pemanis alami yang terkandung di dalamnya. Aprikot kering juga kaya akan zat besi, yang berfungsi untuk menguatkan tulang.

Ikan Salmon


Bila Anda bukan penganut vegetarian, konsumsilah ikan salmon. Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang berguna untuk melawan penyakit kanker, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mengurangi risiko serangan jantung. Salmon juga bisa mencegah penyakit kanker payudara, penyakit alzheimer dan melawan depresi.

Bunga Kol


Bunga kol atau kembang kol adalah jenis sayuran hijau lain yang mengandung vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B9 (asam folat), yang sangat dibutuhkan oleh wanita, khususnya wanita hamil. Sayuran ini juga mengandung banyak mineral seperti; fosforus, potasium, dan protein. Kembang kol adalah sayuran yang mudah dicerna sehingga berfungsi sebagai anti-inflamasi, dan baik untuk jantung.

Buah Beri


Buah-buah seperti strawberry, blueberry, cranberry, dan raspberry, juga sangat baik untuk kesehatan perempuan. Buah-buah beri ini mengandung fitokimia yang melawan tumor. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker payudara, melawan penuaan dini, dan menambah bobot tubuh untuk yang terlalu kurus.

Semangka


Kandungan sitrulin dan arginin pada semangka bermanfaat untuk melancarkan saluran kencing, menyehatkan ginjal dan melembabkan usus. Semangka juga mengandung lycopene, senyawa antioksidan pada tanaman yang terkenal mampu melawan penyakit jantung dan kanker.

Bayam


Berada dalam jajaran sayuran yang kurang disukai, sebenarnya bayam kaya akan vitamin, mineral dan magnesium yang tinggi. Bila Anda sering mengalami tanda-tanda pra menstruasi atau PMS seperti peradangan, nyeri pada payudara, kembung, peningkatan berat badan dan mood yang tidak stabil, maka mengonsumsi bayam bisa bantu mengurangi gejalanya.

Biji Gandum


PMS, pemulihan tubuh selama dan setelah melahirkan adalah masalah-masalah ‘khas’ wanita yang dapat diatasi dengan bahan alami seperti biji gandum. Ia memiliki nutrisi yang kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Biji gandum juga baik untuk kesehatan jantung, pencernaan dan tekanan darah.

Yoghurt


Jenis makanan terakhir yang sangat baik untuk wanita adalah yoghurt. Produk turunan susu ini, kaya akan kalsium, zat besi, vitamin B, koenzim. Koenzim sendiri sangat bagus untuk meningkatkan pencernaan dan membersihkan sistem pencernaan. Yoghurt juga baik untuk membuat kulit tampak bersih dan lebih berkilau. (dan)
 
Back to top!